Cara Mengajar Speaking Retelling Story
Namun tidak semua level pembelajar
Bahasa Inggris cocok menggunakan teknik ini. Siswa yang cocok adalah siswa yang
sudah mempunyai vocabulary cukup memadai dan mempunyai mental berbicara di
depan teman.
- Siapkan cerita pendek yang menarik. Bisa dari kumpulan pengalaman lucu atau cerita cinta. Minta siswa memilih salah satu.
- Beri kesempatan 20 menit untuk membaca. Jika jumlah siswa cukup banyak, bagilah menjadi beberapa kelompok.
- Tulis beberapa pertanyaan tentang cerita seperti apa, dimana, kapan, dan pesan moral cerita. Nanti pertanyaan itu harus dijawab oleh siswa yang mendengarkan cerita.
- Setelah waktu selesai, minta masing-masing siswa bercerita. Jika berkelompok, minta anggota kelompok bercerita secara berantai.
- Kelompok lain mendengarkan dan menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan guru. Contoh pertanyaan: where did the story happen?
- Review kosakata. Guru mencatat beberapa kata yang diucapkan oleh story teller. Di akhir kegiatan, diadakan kuis memilih kata yang muncul di setiap cerita.